Problematika

Saat ini, jumlah santri Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin mencapai 115 orang. Yaitu terdiri dari 58 santri putra dan 57 santri putri. Seiring dengan kemajuan zaman, maka peningkatan jumlah santri tak terbendung lagi.Dari sejumlah santri tersebut Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin memiliki 32
kamar dengan setiap kamar rata-rata di huni oleh 3 s.d 6 orang. Fasilitas lain terdiri dari 3 ruang kelas, 1 aula dan 1 halaman parkir.

Kondisi santri yang sebagian besar merupakan mahasiswa menimbulkan beberapa persoalan yang terjadi. Hal ini karena mahasiswa dengan mobilitas yang tinggi membutuhkan kendaraan untuk mendukung seluruh aktivitas baik yang berhubungan dengan kampus, sosial-masyarakat dan lain sebagainya. Oleh sebab hal ini, tentu Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin dengan jumlah santri tersebut membutuhkan ruang parkir yang memadai untuk mendukung kelancaran aktivitas di Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin.

Dengan semakin bertambahnya jumlah santri, secara langsung jumlah kendaraan semakin bertambah. Hal ini memberikan efek pada penuhnya area parkir kendaraan yang sebagian besar merupakan sepeda motor. Kondisi ini menuntut pengurus Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin untuk memperluas area parkir sehingga area parkir bisa memadai.

Dengan latar belakang masalah tersebut maka tersusunlah rencana renovasi 8 kamar, yang mana 3 kamar akan diruntuhkan dan lantai pertama diubah menjadi area parkir dan lantai 2 dan 3 untuk asrama. Adapun 5 kamar direnovasi menjadi asrama dengan bangunan 3 lantai yang berisi 12 kamar. Sehingga total kamar asrama sejumlah 20 kamar, dan satu area parkir/halaman.

Namun demikian, rencana ini tak kan berjalan lancar tanpa ridho Alloh SWT serta uluran infak / shodaqoh dari para dermawan fi sabilillah. Dengan adanya rencana pembangunan ini semoga dapat membuka ladang amal bagi para dermawan untuk turut serta dalam membatu pembangunan atau renovasi ini. Dan semoga dengan bantuan dermawan semua bisa menjadikan Pondok Pesantren Salafiyah Al Muhsin sebagai tempat pendidikan agama yang membawa manfaat dan barokah bagi para santri, orang tua, masyarakat, bangsa dan seluruh alam pada umumnya. Amin.